PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjadi bagian dari masyarakat Indonesia untuk membangun lebih dari sekadar transportasi dan menawarkan lebih dari sekadar bisnis dengan menciptakan harmonisasi dan kombinasi transportasi dan integrasi regional secara berkelanjutan.
Berdiri pada Oktober 2015, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) merupakan perusahaan patungan antara konsorsium Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium perusahaan perkeretaapian Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co.Ltd, dengan bisnis utama di sektor transportasi publik dengan skema business to business (B2B).
Hadir untuk mengembangkan infrastruktur transportasi massal perkeretaapian tanah air, PT KCIC saat ini merupakan pemilik proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah Indonesia sesuai dengan Perpres No. 3/2016.
Selain pengembangan infrastruktur transportasi publik, PT KCIC turut berupaya menunjang peningkatan produktivitas masyarakat di sepanjang trase kereta cepat melalui pengembangan kawasan terintegrasi atau Transit Oriented Development (TOD) di setiap area stasiun yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Konsep TOD yang dipadukan dengan kereta cepat diyakini dapat meningkatkan kemudahan akses wilayah, sehingga mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah sekitar.
PT KCIC memberikan kesempatan kepada putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia untuk bergabung dan berkarir di lingkungan PT KCIC dengan kriteria dan persyaratan sebagai berikut :
Signalling Technician
Kriteria Khusus :
- Pendidikan Minimal SMK, jurusan Teknik Elektro, Teknik Kelistrikan
- Pengalaman Kerja minimal 3 tahun di bidang persinyalan atau fasilitas operasi kereta api
Gambaran Pekerjaan :
- Melakukan perawatan peralatan persinyalan baik terhadap peralatan indoor dan outdoor secara rutin setiap hari dan periodik untuk memastikan peralatan persinyalan tetap handal.
- Melakukan perbaikan terhadap peralatan persinyalan apabila terjadi kegagalan/ gangguan.
- Menguasai hubungan yang saling terkait dan indeks teknis keselamatan peralatan serta detail teknisnya.
- Menangani permasalahan peralatan dengan tepat waktu
CTC Technician
Kriteria Khusus :
- Pendidikan Minimal SMK, jurusan Teknik Elektro, Teknik Kelistrikan
- Pengalaman Kerja Minimal 3 tahun diutamakan di bidang persinyalan atau fasilitas operasi kereta api
Gambaran Pekerjaan :
- Melakukan perawatan peralatan CTC di pusat pengendalian peralatan persinyalan secara terpusat (CTC) kereta cepat Jakarta-Bandung.
- Melakukan perbaikan dan pemecahan masalah peralatan CTC.
- Menguasai hubungan yang saling terkait dan indeks teknis keselamatan peralatan serta detail teknisnya.
- Menangani permasalahan peralatan dengan tepat waktu.
Onboard Signalling Technician
Kriteria Khusus :
- Pendidikan Minimal SMK, jurusan Teknik Elektro, Teknik Kelistrikan
- Pengalaman Kerja minimal 3 tahun diutamakan di bidang persinyalan atau fasilitas operasi kereta api
Gambaran Pekerjaan :
- Melakukan perawatan peralatan ATP (Automatic Train Protection) Onbord agar peralatan ATP Onboard tetap handal.
- Melakukan perbaikan terhadap peralatan ATP (Automatic Train Protection) Onboard apabila terjadi kegagalan/ gangguan.
- Menguasai hubungan yang saling terkait dan indeks teknis keselamatan peralatan serta detail teknisnya.
- Menangani permasalahan peralatan dengan tepat waktu.
EMU In-depot Mechanic Level 1 & 2
Kriteria Khusus :
- Pendidikan Minimal SMK, jurusan Teknik Mesin/ Teknik Elektro/ Teknik Otomotif
- Minimal 3 tahun di bidang terkait (Manufaktur dan Maintenance Transportasi).
- Diutamakan berpengalaman di bidang sarana perkeretaapian
Gambaran Pekerjaan :
- Secara garis besar memeriksa, mendeteksi serta inspeksi EMU secara visual atau menggunakan Sistem Diagnosis Kesalahan dan terbagi pada Level 1 dan Level 2.
- Bertanggung jawab atas perawatan dan perbaikan EMU secara terjadwal dan tidak terjadwal.
- Memeriksa, mendeteksi serta inspeksi EMU secara visual dengan On-Board Diagnosis Fault System.
EMU Onboard Mechanic
Kriteria Khusus :
- Pendidikan Minimal SMK, jurusan Teknik Mesin/ Teknik Elektro/ Teknik Otomotif
- Minimal 3 tahun di bidang terkait (Manufaktur dan Maintenance Transportasi).
- Diutamakan berpengalaman di bidang sarana perkeretaapian
Gambaran Pekerjaan :
- Melaksanakan Perbaikan dan melaporkan kejadian teknis tidak normal kepada authorized personel.
- Bertanggung jawab dan memastikan keamanan atas operasional EMU dalam perjalanan.
Kriteria Umum untuk semua Pelamar diatas :
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Sehat jasmani/rohani;
- Memiliki Ijazah SLTA Sederajat dengan nilai minimal 7,5 (tujuh koma lima) dari skala 10 (sepuluh) atau 75 (tujuh puluh lima) dari skala 100 (seratus), untuk D3 Keatas Minimal IPK 2,75 (dua koma tujuh lima)
- Mampu bekerja secara individu maupun tim;
- Bersedia bekerja dengan sistem shifting;
- Mampu berbahasa Inggris lisan maupun tulisan;
- Tidak bertato dan tidak bertindik (pria);
- Tidak terlibat narkoba atau psikotropika;
- Bersedia ditugaskan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.